Home / Kabar Desa / Sasar Sektor Pertanian, Kelompok Tani di revitalisasi

Sasar Sektor Pertanian, Kelompok Tani di revitalisasi

Salah satu terobosan pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Kepala Desa Karanganyar adalah penataan kembali dan pembaharuan Kelompok-kelompk Tani. Ada sekitar sepuluh kelompok yang terdiri dari empat Kelompok Tani, empat Kelompok Ternak, satu Kelompok Wanita Tani dan satu Gabungan Kelompok Tani.
Untuk melakukan revitalisasi kelompok-kelompok di sektor pertanian tersebut, Kepala Desa Karanganyar bersama Penyuluh Pertanian dari UPT Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Karanganyar mengadakan pertemuan dengan para Pengurus kelompok tani.
Pertemuan dilaksanakan di Balai Desa Karanganyar pada hari Sabtu (25/2) kemarin dengan dihadiri oleh perwakilan masing-masing kelompok tani, kelompok ternak, kelompok wanita tani yang berjumlah 20 orang, Pemerintah Desa Karanganyar, Kepala UPT Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Karanganyar dan dua Penyuluh Pertanian dan Peternakan.
“Pertemuan ini dimaksudkan untuk mensosialisasikan Kebijakan Penyuluh Pertanian untuk menata kembali dan pembaharuan Kelompok Tani. Dimulai dari tugas dan fungsi pengurus kelompok tani, pengorganisasian kelompok tani dan pengadministrasian kelompok tani. Sebab diantara kelompok-kelompok tani yang ada, banyak kelompok tani yang hanya ada namanya tetapi tidak ada kegiatan yang dilaksanakan,” kata Penyuluh Pertanian Wilayah Binaan Desa Karanganyar, Syamsu Rizal.
Lebih lanjut Syamsu Rizal menjelasakan peran pengurus kelompok tani sangat besar untuk ikut memajukan para petani di lingkungannya sehingga mampu menjadi petani mandiri yang pada akhirnya mampu untuk meningkatkan produktivitas pertanian. Harapannya, cita-cita Indonesia untuk swasembada beras dapat tercapai kembali dan masyarakat menjadi sejahtera.
Sementara Kepala Desa Karanganyar, Tofik mengatakan bahwa Pemerintah Desa Karanganyar sangat mendukung pembangunan di sektor Pertanian, sebab hampir separoh penduduk desa Karanganyar ada di sektor Pertanian. “Untuk tahun 2017 ini sekitar duapuluh persen APBDes Desa Karanganyar untuk sektor Pertanian berupa pembangunan sarana Irigasi dan pelatihan-pelatihan pengelolaan hasil pertanian. Disamping itu, kita juga mengupayakan bantuan dari Dinas Pertanian dan alhamdulillah, untuk kelompok tani Sejahtera insya Alloh dapat bantuan benih jagung dan pupuk untuk lahan 10 hektar.”
Tofik juga berharap agar kelompok Tani sering berkoordinasi baik antara anggota dengan pengurus, pengurus dengan pengurus dan pengurus dengan pemerintah. Sehingga kebutuhan-kebutuhan pokok untuk peningkatan hasil produksi Pertanian dapat segera teratasi.
“Tahun ini, kami sedang menyusun RPJMDes tahun 2017 – 2022, maka kami sangat berharap kerjasama dan bantuan dari para pengurus kelompok tani agar menyerap aspirasi dari para petani, sehingga kebutuhan-kebutuhan petani untuk meningkatkan produksinya bisa masuk dalam RPJMDes dan kebijakan-kebijakan pemerintah desa dalam sektor Pertanian lebih tepat sasaran”, pungkas Tofik

About desaid

Check Also

RADIO KOMUNITAS LENTERA IKUTI PELATIHAN PENGARUSUTAMAAN GENDER

Radio Komunitas Lentera yang dikelola oleh Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Lentera Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar …

Tinggalkan Balasan