JUM’AT BERSIH PERANGKAT DESA KARANGANYAR

29 Januari 2021
SLAMET RIYADI
Dibaca 115 Kali
JUM’AT BERSIH PERANGKAT DESA KARANGANYAR

Perangkat Desa Karanganyar bersama-sama mengadakan kerja bakti pada hari Jumat (29/01/2021) di Halaman Balai Desa Karanganyar dalam kegiatan Gerakan Jumat Bersih.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Karanganyar  dan diikuti Sekretaris Desa, para Kepala Seksi (Kasi), para Kepala Urusan (Kaur), dan para Kepala Dusun (Kadus).

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yaitu dalam bentuk membersihkan lingkungan halaman kantor ataupun ruangan-ruangan kantor, hingga banyak manfaat yang akan dirasakan.

Seringkali aksi kerja bhakti pada hari Jumat, disebut gerakan Jumat Bersih, kadang disertai juga kegiatan senam pagi atau jalan sehat. Sehingga diharapkan budaya Jumat Bersih bisa berkembang menjadi Jumat Sehat dan kadangkala dilanjutkan makan bersama ketika salah satu perangkat memiliki khajat bisa disebut juga Jum’at Berkah.

Karena perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat, di lingkungan tempat kerja masing-masing. Lingkungan tempat kerja yang sehat akan mendukung sikap kerja personal yang sehat, sehingga mempengaruhi produktifitas kerja yang berkualitas, bagi perkembangan instansi tempat bekerja.

Jum’at Bersih merupakan kegiatan rutin di Lingkungan Kantor Balai Desa Karanganyar, yang dilaksanakan oleh seluruh perangkat desa yang dilaksanakan hari Jum’at minggu terakhir setiap bulannya .

Kepala Desa Karanganyar, Tofik menjelaskan bahwa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan Jumat bersih adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan perangkat akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana di kantor atau tempat kerja akan terasa nyaman dan kantor dapat terpelihara dengan baik. 

“Sebagai tanggungjawab kita sebagai Aparatur Pemerintah Desa, sudah menjadi kewajiban memberikan contoh melakukan hal yang postif terutama dalam hal kebersihan lingkungan yang kita terapkan setiap hari jumat. Karena bagaimanapun juga, apa yang kita lakukan tentu masyarakat akan melihat, dan ini bisa menjadi motivasi masyarakat untuk ikut meniru,“ jelas Tofik.(29/01/2021)