SOSIALISASI DAN PELATIHAN PELAYANAN ONLINE ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN OPTIMA PURBALINGGA

30 Agustus 2021
SLAMET RIYADI
Dibaca 176 Kali
SOSIALISASI DAN PELATIHAN PELAYANAN ONLINE ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN OPTIMA PURBALINGGA

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah guna masyarakat sadar dan tertib akan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga melaksanakan satu  inovasi lagi untuk lebih mempermudah dalam hal pengurusan aministrasi kependudukan, dengan meluncurkan inovasi pelayanan yakni melalui pelayanan online, yang baru-baru ini telah disosialisasikan di 18 Kecamatan Kabupaten Purbalingga, jadi dalam melakukan kepengurusan Administrasi Kependudukan, masyarakat tidak perlu repot-repot datang ke Dindukcapil, cukup melalui Pelayanan Online di website Dindukcapil Purbalingga  https://optima.purbalinggakab.go.id/

Sosialisasi yang dilaksanakan di Kecamatan Karanganyar Senin, 30 Agustus 2021 dihadiri oleh 26 perangkat desa dari 13 desa . Semoga dengan adanya sosialisasi adminduk ini, warga desa di Kecamatan Karanganyar semakin paham dan tertib akan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil. Di sisi lain jika masyarakat sudah sadar dan tertib adminduk, akan mempermudah jika dalam suatu hari nanti membutuhkanya. Tidak tergesa gesa ataupun terburu buru jika dokumen tersebut akan digunakan nantinya.

Adapun progam atau sosialisai yang disampaikan adalah pengenalan dan cara menggunakan OPTIMA PURBALINGGA (Online Pelayanan Gratis Masyarakat). Kegiatan  inovasi tersebut disebutjuga MENDOAN GRATIS yang mempunyai kepanjangan arti dan maksudnya “Melayani Dokumen kependudukan Gratis. Program ini dikhususkan bagi Penduduk desa yg jaraknya jauh dari pusat layanan kecamatan dan kabupaten.

Dukcapil Optima Purbalingga adalah aplikasi online untuk pengajuan penerbitan dokumen adminduk ( administrasi kependudukan), dokumen tersebut diantaranya Kartu Keluarga, KTP Elektronik, Surat Keterangan Pindah, Surat Keterangan Datang, Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta pengesahan anak, dan akta akta lainnya.  Dukcapil Optima Purbalingga bertujuan untuk memudahkan warga masyarakat Kab. Purbalingga dalam mendapatkan dokumen adminduk.

Program MENDOAN GRATIS sebenarnya hanya salah satu dari beberapa Program yang sedang kami jalankan. Kami mempunyai beberapa Program Unggulan yang sedang kami Jalankan diantaranya Program Pelayanan JELALING ( jemput Bola Pelayanan Keliling ) dan Program Desa GISA ( gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan ) dan Jemput KIA Bocil “.Ini kami lakukan dengan maksud antara lain dalam rangka bahwa Kami benar benar melakukan Pelayanan secara Maksimal dan Kami juga berusaha memberikan kebahagiaan terhadap masyarakat dalam rangka Kepemilikan Dokumen Kependudukan. Kami berupaya dan berharap bahwa diakhir tahun 2021 semua masyarakat Kabupaten Purbalingga mempunyai Data kependudukan secara Lengkap dan terupdate ”