Pengisian Perangkat Desa dibatasi sampai Akhir 2021

06 September 2021
Administrator
Dibaca 128 Kali
Pengisian Perangkat Desa dibatasi sampai Akhir 2021

Bupati Purbalingga memberikan waktu kepada para kepala desa untuk segera melakukan pengisian perangkat desa. Batas waktu pengisian perangkat desa baik melalui penjaringan maupun mutasi hanya sampai akhir tahun 2021 ini.

“Sebagaimana kebijakan pemerintah daerah, bahwa tahun 2021 ini adalah tahun  terakhir untuk pengisian perangkat desa baik mutasi ataupun penjaringan.” tegas Bupati Dyah Hayuning Pratiwi dalam Rakor Bidang Pemerintahan Tingkat Kabupaten Purbalingga, yang dilakukan secara tatap muka dan tatap maya dari Pendopo Dipokusumo, Senin (6/9).

Secara teragenda pada tahun 2022, pemerintah daerah akan fokus pada pelaksanaan pilkades serentak. Sedangkan tahun 2023 pemerintah daerah akan melakukan persiapan untuk menghadapi ajang pemilu 2024. Pasalnya pada awal tahun tepatnya dibulan Februari 2024, Indonesia akan melaksanakan pemilu legislatif (pileg) dan pemilu presiden (pilpres). Tahun 2024 dibulan  Nopember akan digelar serentak pilkada bupati dan wakil bupati. Agenda 2025 pemerintah kembali fokus untuk menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pilkades serentak.

“Jadi sudah tersusun agendanya, sehingga kegiatan penjaringan perangkat desa hanya dapat dilakukan di tahun 2021 ini.” tegasnya.

Meski demikian, Bupati Tiwi ,mengingatkan para kades untuk berhati-hati terutama terkait pengisian perangkat desa, baik melalui mutasi ataupun penjaringan. Kades harus berpedoman  pada apa yang menjadi mekanisme dan aturan dari kegiatan mutasi dan penjaringan perangkat. Pasalnya  kasus hukum, terkait pengisian perangkat desa sudah banyak  dialami oleh para kades di Purbalingga.

Peserta rakor sebanyak 286 orang, hadir langsung 47 orang terdiri kepala OPD terkait, para camat, ketua wirapraja, pengurus PPDRI tingkat Kabupaten Purbalingga. Sebanyak 239 orang kades dan lurah mengikuti secara virtual.

Secara bergantian memberikan arahan kepada para camat, kades dan lurah, Bupati Dyah Hayuning Pratiwi SE B Econ MM,. Kapolres AKBP Era Johni Kurniawan, Kajari Revanda Sitepu SH MH., dan Kasdim 0702 Mayor Inf Achmad. Sedangkan tanya jawab dimotori Pj Sekda Drs Agus Winarno MSi. (umang/humasprotokol)