PEMILIHAN KEPALA DESA KARANGANYAR TAHUN 2022

22 November 2022
SLAMET RIYADI
Dibaca 1.199 Kali
PEMILIHAN KEPALA DESA KARANGANYAR TAHUN 2022

Karanganyar- Pada hari Minggu tanggal 20 November 2022 sekitar pukul 08.00 WIB  Desa Karanganyar bertempat di Alun-alun Karanganyar Sumringah, Masroh memimpin pelaksanaan Apel Pagi di TPS Desa Karanganyar Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga yang diikuti 10 panitia pelaksana dan 20 anggota KPPS dan 15 personil linmas dalam rangka Pengambilan Sumpah Panitia Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilihan Kepala Desa Karanganyar, dalam arahannya menyampaikan :

Apel Pagi ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan kita dalam Pelaksanaan Pilkades. Dan mengarahkan Panitia Pilkades agar melakukan Sosialisasi kepada masyarakat sebelum dilakukan Pencoblosan.

Selanjutnya Personil Pam dan Panitia telah standbye menunggu Pemilih, selama pelaksanaan berlangsung situasi aman dan baik kondusif. Adapun jumlah calon kepala Desa Karanganyar 2 (dua) orang yakni dengan nomor urut 1 (satu) Bapak Imam Shofan dan nomor urut 2 (dua) Bapak Tofik, S.A.P.

Adapun tobong pilkades terdapat 16 buah dengan 5  Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pilkades serentak kali ini. Guna memastikan pilkades serentak berjalan aman, lancar, serta kondusif, dengan dibantu pengamanan dari personil Polisi dan TNI sejumlah 20 orang dengan pemantauan BPD serta Panwas dari kecamatan..

Melihat antusias masyarakat menggunakan hak pilihnya, Tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Karanganyar mencapai 75%. Angka tersebut diperoleh dari jumlah kehadiran sebanyak 2787 jiwa dari jumlah pemilih 3689 jiwa. Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Masroh.

Menurutnya, penyelenggaraan pilkades Karanganyar telah sesuai dengan ketentuan tahapan-tahapan yang tercantum pada juklak pilkades serentak Kabupaten Purbalingga Tahun 2022.

Lebih lanjut, Masroh meminta kepada masyarakat agar selalu menjaga kondusivitas lingkungan masing-masing, dan mengajak menjadi pemilih yang bijak sesuai hati nurani dan menciptakan pilkades nyaman, aman, lancar dan kondusif sehingga kades terpilih nantinya diharapkan dapat melaksanakan tugas dengan baik Kemudian menghasilkan pimpinan desa yang bisa diterima masyarakat.

“Harapan saya setelah proses demokrasi ini selesai, ya selesai. Yang menang  memberikan penghormatan kepada yang belum menang, dan yang kalah jangan terpuruk. Karena proses demokrasi ini terus menerus,” kata Masroh.

Adapaun hasil pemerolehan suara pada pemilihan kepala desa Karanganyar Tahun 2022 sebagai berikut nomor urut 1 (satu) Bapak Imam Shofan memperoleh 1505 suara dan nomor urut 2 (dua) Bapak Tofik memperoleh 1190 suara dan suara tidak sah sejumlah 92 suara dengan kata lain Bapak Imam Shofan sebagai Kepala Desa Karanganyar terpilih.