Berita Desa

Alun-alun Desa Karanganyar Menjadi Icon Desa Sekaligus Kecamatan Karanganyar

26 Desember 2022
ARIA RAHARDIAN
Dibaca 485 Kali
Alun-alun Desa Karanganyar Menjadi Icon Desa Sekaligus Kecamatan Karanganyar

Alun-alun Desa Karanganyar sebagai ruang terbuka hijau merupakan instrumen pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi. Pendayagunaan potensi ini terutama bertujuan untuk peningkatan kesejahteraan ekonomi warga desa melalui pengembangan usaha ekonomi mereka. Disamping itu, keberadaan Alun-alun Desa Karanganyar juga memberikan sumbangan bagi peningkatan sumber pendapatan asli desa yang memungkinkan desa mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan rakyat secara optimal.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Pemerintah Desa Karanganyar terus berupaya untuk berinovasi dan mengembangan alun-alun desa diantaranya dengan menganggarkan insfrastruktur sarana dan prasarana di APBDes Desa Karanganyar tahun anggaran 2022. pada tahun 2022 pemerintah desa melaksanakan pembangunan tangga akses para pejalan kaki, pavingisasi, pembuatan gapura alun alun desa serta pemasangan slogan "Karanganyar Sumringah" di alun-alun Desa Karanganyar.

Saat ini pembangunan alun-alun Desa Karanganyar baru sampai tahap enam puluh persen dari blueplant atau desain yang di rencanakan. Namun, manfaat dan fungsinya sudah mulai dirasakan oleh masyarakat. Terbukti saat ini tidak kurang dari dua puluh pedagang kecil sudah mulai menampati alun-alun desa, dan setiap harinya terlebih sore hari jumlah pengunjung sangat ramai. Hal ini menunjukkan jika pembangunan alun-alun sangatlah bermanfaat untuk kemajuan desa dan masyarakatnya. Para pelaku UMK khususnya warga masyarakat Desa Karanganyar dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meningkatkan ekonomi keluarganya.

Untuk kedepannya upaya yang akan dilakukan pemerintah desa adalah membuat peraturan desa untuk mengatur pengelolaan alun-alun, yang di dalamnya memuat banyak hal salah satunya tentang penarikan retribusi dan tata kelola keuangannya. Sebab hal tersebut sangatlah penting agar segala kegiatan yang ada di alun-alun desa dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku sebagai salah satu upaya peningkatan sumber pendapatan asli desa adar desa juga mampu melaksanakan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat secara optimal.

Bagikan artikel ini:
Kirim Komentar

Komentar baru terbit setelah disetujui Admin

CAPTCHA Image