Pembangunan Greenhouse Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Desa Karanganyar

26 Desember 2022
ARIA RAHARDIAN
Dibaca 801 Kali
Pembangunan Greenhouse Sebagai Upaya Ketahanan Pangan Desa Karanganyar

Dalam rangka mewujudkan kecukupan pangan bagi seluruh warga Desa, pencapaian kemandirian pangan Desa, dan memastikan Desa terlepas dari kerawanan pangan serta penggunaan Dana Desa untuk ketahanan pangan dan hewani di Desa, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi menerbitkan Keputusan Nomor 82 Tahun 2022 tentang Pedoman Ketahanan Pangan di Desa. Hal ini di sambut oleh Pemerintah Desa Karanganyar dengan membangun Greenhouse untuk budidaya melon pada APBDes tahun anggaran 2022 dalam rangka melaksanakan program pemerintah pusat.

Disamping itu juga, kegiatan tersebut sabagai salah satu upaya untuk membangkitkan perekonomian pasca pandemi Covid-19. Harapannya dengan dibangunna greenhouse para petani dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas produk pertaniannya. Sehingga hasil pertaniannya dapat ditingkatkan, yang secara otomatis akan menambah pendapatan para petani.

Lokasi yang digunakan untuk pembangunan greenhouse berada di tanah kas desa persisnya di sisi tenggara desa di dusun 1. Pemilihan lokasi melalui berbagai pertimbangan salah satunya dekat dengan lokasi  Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S). P4S merupakan lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya.

Nantinya dalam pengelolaannya, budidaya melon tersebut akan dikelola oleh kelompok tani yang ada di Desa Karanganyar secara bergantian. Dengan harapan program tersebut menjadi stimulan bagi para kelompok tani agar kedepannya lebih mandiri dan profesional baik dalam pengolahan lahan pertanian maupun dalam pengelolaan hasil dan keuangan kelompok tani. Sehingga kelompok tani dapat secara mandiri dalam menjalankan kegiatan pertaniannya serta mengembangkan pengetahuannya dalam rangka pemulihan peningkatan perekonomian maupun ikut menjadi salah satu solusi program ketahanan pangan di Desa Karanganyar.