KIRAB TANDU JENDERAL SOEDIRMAN

01 September 2022
SLAMET RIYADI
Dibaca 364 Kali
KIRAB TANDU JENDERAL SOEDIRMAN

PURBALINGGA – Rabu (31/8/2022), Pemerintah Desa Karanganyar mengikuti Kirab Tandu Jenderal Soedirman Kirab tandu Jenderal Soedirman dengan mengirimkan sebanyak 12 personil yang diwakili dari unsur perangkat desa dan linmas. Dimana kegiatan ini pecahkan rekor muri Indonesia yang ke 33, sebanyak 5.202 orang, secara estafet, berjalan sembari memikul 300 unit replika tandu Jenderal Soedirman, dengan total jarak 24 kilometer, dalam kegiatan Kirab Tandu Divisi Soedirman, sebagai kirab dengan tandu terbanyak, peserta terbanyak, dan jarak tempuh terpanjang.

 “Perlu diketahui, Jenderal Soedirman adalah seorang pahlawan Indonesia, seorang Panglima Besar asal kelahiran Rembang, Purbalingga yang sangat masyhur di Indonesia,” dan juga untuk mengenang jasa Pahlawan Jenderal Soedirman.

Dengan semangat patriotisme pejuang kemerdekaan harus tetap ditumbuhkan dalam diri generasi muda. Salah satunya dengan selalu mengingat jasa-jasa dan meneladani semangat juang Panglima Besar Jenderal Soedirman.

“Semangat perjuangan untuk bergotong royong, saling menjaga, saling membantu, dan bertenggang rasa, harus tetap kita jaga dan kita rawat, sehingga tujuan kita untuk membentuk Purbalingga yang maju, nyaman, aman, tentram, dan sejahtera dengan mudah kita capai bersama,” ungkapnya.

Rute yang ditempuh dibagi dalam empat etape yang berjarak 24 km. Rute dimulai dari MTL Soedirman yang berada di Kecamatan Rembang dan finish di Alun-alun Purbalingga.
"Etape pertama yaitu MTL, kemudian SD Negeri Bedagas Pengadegan, Pasar Sinduraja Kaligondang, Kodim 0702 dan finish di Alun-alun Purbalingga," ungkapnya.
etape pertama merupakan etape terektrim dengan medan rute perjalanan lika-liku dan terjal dengan melewati beberapa tanjakan dan tikungan yang ekstrim.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian HUT RI ke 77 dengan mengambil tema Purbalingga Bumi Soedirman, dan kegiatan ini juga menjadi media publikasi dan promosi Purbalingga kepada masyarakat luar bahwa Kabupaten Purbalingga sebagai tempat kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman.