Kegiatan Imunisasi Polio Oleh Puskesmas Karanganyar

17 Januari 2024
Dibaca 473 Kali
Kegiatan Imunisasi Polio Oleh Puskesmas Karanganyar

UPTP Puskesmas Karanganyar, desa Karanganyar Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, menggelar imunisasi polio secara serentak di lima dusun yaitu dusun 1,2,3,4 dan 5. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 17 Januari 2024, menyelenggarakan di 3 posko imunisasi di Balai Desa, Dusun 5 dan di Dusun 4. 

Kegiatan imunisasi polio ini menyasar anak usia 0-7 tahun. Menurut ketua penyelenggara kegiatan di Desa Karanganyar, Parsum, kegiatan ini merupakan upaya puskesmas desa untuk mencegah penyebaran penyakit polio di dalam desa ini. Ia menambahkan, imunisasi polio merupakan cara yang paling efektif untuk mencegah penyakit polio. Imunisasi polio diberikan secara tetesan dalam mulut yang merupakan cara yang paling efektif dan mudah untuk memberikan imunisasi tersebut. 

Kegiatan imunisasi polio ini mendapat dukungan penuh dari Puskesmas Karanganyar dan bantuan dari KKN Unsoed Desa Karangayar. Tim bidan dari Puskesmas Karanganyar dikerahkan untuk memberikan imunisasi kepada anak-anak. Keberhasilan program imunisasi polio ini tidak lepas dari dukungan dari seluruh pihak, termasuk pemerintah desa, kader kesehatan desa, dan masyarakat.

Kegiatan imunisasi polio ini juga mendapat perhatian dari masyarakat. Orang tua dari anak-anak yang menjadi sasaran imunisasi terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Kegiatan imunisasi polio ini merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Pemerintah desa berharap, dengan kegiatan ini, anak-anak di Desa Karanganyar dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat.