Sosialisasi Digital Marketing Bersama Kampung Marketing

28 Januari 2024
Dibaca 505 Kali
Sosialisasi Digital Marketing Bersama Kampung Marketing

Desa Karanganyar, Purwokerto, Jawa Tengah, baru saja menyelenggarakan sosialisasi program Kampung Marketer pada hari Sabtu (27/1). Program ini digagas oleh pemerintah desa Karanganyar bersama dengan KKN Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian lokal melalui digital marketing.

Acara sosialisasi dihadiri oleh perwakilan dari berbagai elemen masyarakat Desa Karanganyar, termasuk perangkat desa, PKK, pelaku UMKM, dan KKN dari Unsoed. Dalam sambutannya, Kepala Desa Karanganyar, Iman Shofan, menyampaikan bahwa program Kampung Marketer merupakan langkah strategis untuk meningkatkan daya saing produk-produk lokal di era digital. 

Pembagian materi ini diberikan oleh perwakilan kampung marketer Saudara Nurul Rokhin. Materi yang diberikan Saudara ini dari pemahaman dasar digital marketing, diskusi berlanjut ke strategi jitu di platform media sosial yang sedang tren. Instagram, Facebook, Twitter, dan TikTok, masing-masing mendapat perhatian khusus dengan tips dan trik pembuatan konten yang menarik dan "menggiurkan" calon pembeli.

Tidak hanya sekedar membuat konten, para peserta juga diajari bagaimana mengoptimalkan website agar mudah ditemukan di mesin pencari. Teknik SEO (Search Engine Optimization) dijabarkan dengan jelas, membuka jalan bagi para pelaku UMKM untuk meraih panggung yang lebih luas di dunia maya.

Suasana semakin hangat saat sesi tips dan trik berlangsung. Saudara Nurul menekankan pentingnya penggunaan hashtag yang tepat, interaksi aktif dengan followers, serta konten informatif dan edukatif. Gambar dan video yang menarik pun tak boleh dilupakan, menjadi senjata ampuh untuk memikat perhatian di era visual seperti sekarang.

Sosialisasi ini tidak hanya membuka mata para pelaku UMKM tentang potensi dunia digital, tetapi juga membekali mereka dengan keterampilan praktis. Dengan semangat dan bekal ilmu baru, mereka siap melangkah lebih maju, membawa produk-produk lokal Desa Karanganyar ke panggung digital yang lebih luas.